Gus Kholil: Tentang Nikmat dan Siksa Kubur

Apakah ada nikmat dan siksa kubur ?

Dawuh Allah neraka ditentukan pada manusia pagi dan sore dan saat kiamat maka memasukkan keluarga fir' aun dalam yg siksa yang berat. Fir'aun adalah contoh nyata manusia yg durhaka pada Allah. 

Dawuh Kanjeng nabi yang keluar setelah Surup dan terdengar suara yahudi yang disiksa didalam kuburnya. Maka berdoa Kanjeng nabi yang mendengarkan siksa kubur. Kanjeng nabi berhenti disebuah kubur dan tahukah kalian siapa yg dikubur dan dijawab bahwa orang yang dikubur dalam keadaan musyrik maka dawuh nabi sesungguhnya ahli kubur disiksa dan kemudian Kanjeng nabi berdoa sahabat mendengar suara siksa kubur. 

Kanjeng nabi dawuh bahwa ada kuburan 2 yang disiksa karena dosa besar salah satunya yaitu suka adu adu dan satunya tidak pernah menutupi saat kencing. Kemudian Kanjeng menancapkan papah kurma pada 2 kuburan itu maka kemudian berdoa jika papah kurma bisa meringankan salah satu ahli kubur sampai belum kering papah kurma. 

Sahabat Ustman ketika berhenti dikuburan baka hingga basah jenggotnya  dan ditanya saat ingat kuburan kamu menangis berkata aku ingat dawuh rosululloh bahwa kuburan adalah tempat pertama dari akhirat jika dikuburan selamat maka akan selamat di akherat jika disiksa maka alamat akheratnya juga disiksa. 

Komentar