Tafsir Surat Yasin Ayat 54: Semua Perbuatan Akan Dipertanggungjawabkan di Akhirat

 


Pada Jumat, 21 Juli 2023, di Masjid Ar Raudoh, dilaksanakan kajian Jumat yang dipimpin oleh Gus As'adi. Dalam kajian tersebut, dibahas Tafsir Surat Yasin Ayat 54 yang menyampaikan pesan penting bagi umat Muslim.


Ayat 54 Surat Yasin berbunyi: "Maka pada hari itu seseorang tidak akan dirugikan sedikitpun dan kamu tidak dibalasi, kecuali dengan apa yang telah kamu kerjakan." Ayat ini mengingatkan kita bahwa di hari akhir nanti, semua perbuatan baik dan buruk yang kita lakukan akan dipertanggungjawabkan.


Allah SWT menciptakan manusia dengan akal dan pemahaman ilmu. Karena itu, manusia dapat membedakan antara tindakan baik dan buruk. Tidak ada satu pun perbuatan yang akan terlewatkan, dan Allah tidak akan mengabaikan apapun yang kita kerjakan di dunia ini.


Oleh karena itu, marilah kita berusaha untuk selalu melakukan amal baik, sekecil apapun itu. Allah akan membalas setiap kebaikan yang kita lakukan dengan kebaikan pula. Begitu pula dengan amal buruk, sekecil apapun itu, akan mendapatkan balasan yang setimpal dari-Nya.


Hidup ini adalah kesempatan untuk mencari bekal untuk kehidupan akhirat. Bersama-sama, mari kita berusaha berbuat yang terbaik dan mengisi kehidupan kita dengan amal kebajikan yang bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain.

Komentar